13 Oktober 2009

Mun teu kaharti kumaha?

Tertarik pada sebuah pertanyaan dari seorang teman yang katanya:
Betul belajar Al Quran..tidak sesat mun kaharti..mun teu kaharti kumaha..???

Dan saya "tergelitik" untuk menuliskan sesuatu walaupun dengan keterbatasan penguasaan materi :D
Dumasar kana pelajaran nu didapatkeun mah kieu, Nya Mun teu kaharti mah taroskeun deui, Antosan nepi kadongkap eta HARTI/NGARTI. sabab HARTI teh lain DIRI PRIBADI. Mun DIRI PRIBADI eta HARTI, atuh teu kudu tunya tanya deui da geus kaharti. eta cirining diri butuh ku NGARTI atawa HARTI, oge butuh ku nu sejenna deui.
(endone-maneh: Ikutan ah... mohon maaf sebelumnya, berdasakan pada pelajaran yang saya dapatkan, Ya Kalo gak ngerti mah tanyain lagi, Tunggu sampai datangnya NGERTI/PENGERTIAN. Sebab Ngerti bukan Lah DIRI PRIBADI, kalau DIRI PRIBADI adalah NGERTI. ya nggak usah Nanya Lagi karena sudah Mengerti. Itu Ciri DIRI butuh NGERTI/PENGERTIAN, juga Butuh yang lainnya Juga)

Pangalaman yang teralami ku sim kuring, dimana suatu pernyataan teu kaharti/tidak mengerti, suka ditanyakan ulang kepada nara sumber atau seseorang yang diperkirakan mengetahui jawabannya, dimana jawaban masih tidak dimengerti, cukup sudah sampai disitu, namun setiap perbincangan mengenai pertanyaan dan jawaban yang tersebut tadi, akan selalu diingat-ingat / dicatat, dan Alhamdulillah selalu datang itu HARTI/PENGERTIAN, meskipun waktunya tidak tentu, bisa jadi 2 menit atawa 2 jam atawa 2 hari atawa 2 minggu atawa 2 tahun atawa atawa lainnya. yang penting bersyukur, jawaban yang dulu pernah diterima dapat dimengerti pada waktunya.. Amien...

Tidak ada komentar: