13 Oktober 2009

Ayat AlQur'an yang Menyelamatkan

Suka ada-ada saja yang terlintas dalam diri ketika membaca sebuah statement atau pernyataan dan pertanyaan dari orang lain seperti membaca tulisan dari seorang sahabat yang katanya begini:
Cobi terangkeun ayat mana wae di Al Quran anu bakal nyalametkeun urang....?? jeung saha anu bakal nyalametkeun diri urang.teh.???
di kitab mama sepuh aya sok buka..tah nu gaduh koleksi buku nu lengkap..mangga
Ayat Qur'an anu bakal nyalametkeun nyaeta ayat Qur'an nu teu nyilakakeun.
Mun nu bakal nyalametkeun diri, nya urang pisan. Urang diterapan elmu jeung akal, diterapan budi pamilih. Resep kana pisalameteun atawa picilakaeun? mangga dipilih, di timbang timbang. Resep wungkul kana pisalameteun can tangtu bakal salamet, sabab kudu dipigawe mun hayang salamet mah, eta tata cara pisalameten teh. Carana Kumaha? pan tadi disebutkeun, urang diterapan ku elmu jeung akal, naha dipake naon wae eta elmu jeung akal teh? naha dipake mempelajari kana hukumna Alloh Ta'alla atawa henteu? Sigana... sigana ieu mah... mun saeutikna diajar mah, apal tata carana.
(endone-maneh: Ayat Qur'an yang akan menyelamatkan yaitu ayat Qur'an yang tidak mencelakakan.
Kalo yang akan menyelamatkan Diri, ya Kita. Kita disertai ilmu dan akal, disertai hak memilih. Suka pada yang Menyelamatkan atau yang mencelakakan? Silahkan pilih, ditimbang-timbang. Jika Hanya Suka pada yang menyelamatkan belum tentu akan selamat, sebab harus dikerjakan kalo ingin selamat mah, itu tata cara keselamatan. Gimana caranya? kan tadi disebutkan, Kita disertai ilmu dan akal, Dipakai apa saja ilmu dan akal itu? apakah dipake mempelajari hukum-hukum nya Alloh Ta'alla atau tidak? Kayaknya... ini mah kayaknya... kalau sedikitnya mempelajari mah, akan hapal tata caranya.)

1 komentar:

dede mengatakan...

kita sama-sama belajar ayat alqur'an sepengetahuan saya ayat alqur'an merupakan petunjuk sedangkan yang menyelamatkan kita adalah diri kita sendiri.